SIT Auliya Sekolah Islam Terbaik di Indonesia

Sekolah Islam Terpadu Auliya ialah sekolah islam terbaik tidak jarang disebut sebagai Sekolah Islam Terpadu (SIT). Jadi bila tersebut sekolah dasar maka sering disingkat menjadi SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu). Biasanya jam sekolah lebih panjang. Sehingga kerap dinamakan sebagai ‘full day school’. Karena masa belajarnya seharian maka melewati jam makan siang, sehingga sekolah seringkali pun menyediakan makan siang.

Karena masa belajarnya panjang, maka tak hanya pelajaran umum seperti disyaratkan kurikulum nasional yang diajarkan, tapi juga yang lain. Yakni pelajaran agama, kegiatan keagamaan dan pekerjaan tambahan kurikuler. Jadi seperti mengaji termasuk pelajaran yang dilahap setiap harinya, tergolong pun shalat Dhuha. Lalu apa sebenarnya keunggulan SIT? Kira-kira apa kelemahan bersekolah di SIT? Perlukah kamu memasukkan anak kamu ke sekolah seperti itu?

Ada sejumlah dalil perlunya kamu memasukkan ke sekolah islam terpadu:

Pertama, pelajaran agama yang lebih intensif.

Kalau belajar di sekolah umum, pelajaran agamanya tidak banyak. Paling 2 jam setiap minggunya. Bandingkan dengan sekolah terpadu. Untuk pelajaran agamanya mungkin sama, yakni 2 jam. Tapi tidak sedikit latihan yang bersangkutan dengan agama, misal: mengaji, menulis Arab, hafalan doa, belajar sejarah agama, shalat Dhuha jamaah dan lainnya.

Kedua, pelatihan tingkah laku dan budi pekerti menurut penjelasan dari bimbingan agama.

Semenjak masuk ke gapura sekolah hingga esoknya kembali sekolah, kanak- kanak kita dilatih buat legal cocok arahan agama. Contoh: tiba ke sekolah disambut oleh guru serta kalian menjabat tangan dengan mengesun tangan dengan cara hormat semua guru, lalu esok shalat Dhuha jamaah. Pula akad saat sebelum masuk kategori yang beberapa ialah berkah saat sebelum berlatih. Masuk kamar mandi berharap, ingin masuk langgar berharap, serta yang lain.

Ketiga, kegiatan tambahan yang positif.

Mereka memiliki jam khusus untuk memperhatikan dan menulis. Mereka diminta untuk memperhatikan buku-buku umum selain buku pelajaran. Bisa buku pribadi yang dibawa dari tempat tinggal atau pinjam dari perpustakaan. Lalu mereka diajari dan diminta untuk menulis. Dua kegiatan ini, memperhatikan dan menulis, merupakan positif dan berfungsi untuk pendidikan. Bahkan secara giliran, guru kelas akan mengajak seluruh siswanya ke perpustakaan untuk membaca bareng di sana. 

Keempat, kegiatran ekstrakurikuler yang ‘wajib’.

Sesungguhnya apabila kamu merujuk pada tutur‘ ekstra’, hingga itu sepatutnya bonus. Tidak harus. Tetapi di sekolah semacam ini, jam ekstra berbaur dengan pelajaran penting. Jadi bukan dipisah. Bukan semacam saat ini pelajaran sekolah, setelah itu leluasa tidak berhubungan pelajaran. Sebab itu opsi aktivitas esktra amat banyak. Aktivitas ini hendak berupaya mengakomodasi kemauan, kegemaran serta kemampuan si anak. Mengapa profesi bonus ini sedang terasa harus? Sebab profesi bonus ini pula ditaksir. Serta nilainya hendak dimasukkan pula ke rapor. Tidak hanya itu terdapat profesi bonus yang tidak harus. Ini semacam berkas anak didik yang mempunyai atensi yang serupa ataupun lazim dikenal klub. Contoh: klub jurnalistik sekolah, mereka berlatih jadi wartawan serta membuat alat massa sekolah. Serta sedang tidak sedikit profesi bonus beda yang tidak harus.

Kelima, perhatian penuh dari guru.

Karena masa belajar yang lama, maka seluruh guru akan lebih kenal dan dekat dengan siswa-siswanya. Sehingga mereka tahu apa yang menjadi kendala seorang siswa dalam belajar. Dia juga tahu kelebihan, kekurangan, bakat dan minat siswa. Dengan perhatian yang lebih, maka harapannya murid dapat lebih berprestasi.

Keenam, kualitas sekolah.

Siapapun orangtua tentu hendak mempertimbangkan mutu dari sekolah yang hendak dipilihkan buat buah hatinya. Serta sekolah islam terstruktur hari ini bisa menampilkan kualitasnya dibanding dengan sekolah yang lain. Dengan umur SIT yang relatif sedang terkini, SIT sanggup bersaing dengan sekolah lain yang terhambur di semua Indonesia.

Ketujuh, kegiatan pembelajaran yang menarik

Karena belajar di SIT rata-rata lebih lama, hal ini menuntut pembelajaran yang menarik dan mengasyikkan supaya anak tidak bosan dan nyaman di sekolah. Dengan KBM yang menarik, anak-anak tidak merasa ada beban, sehingga output dari sekolah juga lebih baik.

Kedelapan, mempunyai jaringan yang luas

Seluruh sekolah islam terstruktur memiliki rancangan yang serupa, sebab mereka tercampur dalam Jaringan Sekolah Islam Terstruktur( JSIT) Indonesia. JSIT pusat membuat sejenis standar kualitas buat sekolah- sekolah yang tercampur di dalamnya. Itu berarti, tidak seluruh sekolah islam terstruktur memiliki rancangan serta standar yang serupa. JSIT inilah yang jadi founding father serta cikal akan berdirinya sekolah- sekolah islam terstruktur di Indonesia.

Ok, saat ini telah ketahui keunggulannya. Kemudian apa kekurangannya?

Aku belum berburu kekurangannya. Salah satunya kekurangan yang aku rasakan apabila disekolahkan ke sekolah semacam ini merupakan. Mahalnya bayaran pendidikannya. Tetapi mahal serta ekonomis itu relatif. Serta jika dibanding dengan hasilnya rasanya proporsional.

Jadi saat ini kembali ke rancangan atau tujuan kamu dalam ceria anak. Jika kamu memiliki‘ kurikulum’ yang lebih membagikan dasar agama yang kokoh, hingga Sekolah Islam Terstruktur( SIT) ialah opsi Kamu.

DATA DAN PENDAFTARAN

  • TKIT AULIYA

Gedung Abu Bakar Ashiddiq

Jalan Jombang Raya Nomor. 39, Pondok Aren

KB- TK: (021) 745 2897

Email: [email protected]

  • SDIT AULIYA

Gedung Umar bin Khattab (Jalan Jombang Raya Nomor. 1, Pondok Aren)

Gedung Utsman bin Affan (Jalan Jombang Raya Nomor. 49, Pondok Aren)

SDIT: (021) 745 1055

Email: [email protected]

  • SMP- SMAIT AULIYA

Gedung Ali bi Abi Tholib

Jalan Jombang Raya Nomor. 49, Pondok Aren

SMPIT: (021) 745 9203

SMAIT: (021) 745 8939

Email: [email protected]

Leave a Comment